statistik

Blogger Mobile

Rabu, 16 Maret 2011

Okto Dicoret Dari Timnas SEA Games

Jakarta – Pelatih Tim Nasional (timnas) Indonesia Alfred Riedl memutuskan mencoret pemain sayap Oktovianus Maniani dari 20 pemain yang dipanggil masuk pemusatan latihan (TC) SEA Games 2011. Keputusan ini dilakukan berdasarkan tindakan Okto yang sering melakukan indisipliner pada TC Pra Olimpiade sebelumnya.

“Pencoretan Okto murni masalah indisipliner. Sejak awal saya katakan bahwa saya tidak butuh pemain yang tidak disiplin,” kata Riedl dalam jumpa pers di Amadeus Cafe, FX Plasa, Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (14/3/2011).

Okto memang beberapa kali mangkir dari latihan timnas yang sebelumnya dipersiapkan untuk Pra Olimpiade 2012 dengan berbagai alasan. Dari memperkuat klubnya, Sriwijaya FC di Liga Super Indonesia (ISL), sampai karena sakit.

Padahal, Okto sempat disebut-sebut sebagai pemain kesayangan Riedl. Tapi, ia tak kenal kompromi agar tak menjadi preseden buruk di timnya. Untuk mengisi posisi Okto, Riedl pun mengaku masih punya banyak pilihan.

"Saya masih punya tiga opsi untuk posisi di sayap kiri. Salah satunya Ferdinand Sinaga,” tegas pelatih asal Austria tersebut.

Sejak menukangi timnas Indonesia, baik senior maupun junior, Riedl memang tak menyukai pemain indispliner. Pelatih asal Austria ini telah memberikan contoh di timnas senior dengan mencoret striker tajam Persipura Jayapura, Boaz Solossa.

Terakhir, Riedl juga mencoret striker Persipura lainnya, Titus 'Tibo' Bonay jelang laga leg 2 Pra Kualifikasi Olimpiade melawan Turkmenistan. Padahal, Tibo mencetak satu-satunya gol Indonesia saat takluk 1-3 dari Turkmenistan di leg 1 di Palembang.

Deputi Bidang Teknis BTN Iman Arif menambahkan, bahwa daftar ini masih tentatif. Menurut Iman, pemain yang sempat masuk Timnas Pra Olimpiade masih mungkin untuk dipanggil kembali di saat-saat akhir. Karena di daftar ini juga belum masuk calon pemain naturalisasi keturunan Belanda, Joey Suk dan Stefano Lilipaly.

“H-8 jelang TC ke Austria, pelatih Riedl masih akan memanggil 5-6 pemain lagi,” lanjut Iman.

Komposisi pemain timnas SEA Games untuk sementara yakni 3 kiper, 7 pemain belakang (bek), 7 pemain tengah (gelandang) dan 3 striker. Ke-20 pemain ini diharapkan sudah masuk TC pada 25 April 2011 di Jakarta. Dua pekan menjalani TC di Jakarta, Timnas Merah Putih muda ini akan melanjutkan TC ke Austria mulai 7 Mei 2011.