statistik

Blogger Mobile

Minggu, 24 Oktober 2010

Performa Pemain Baru SFC

PALEMBANG —Mesmi belum genap tiga minggu bergabung, namun tiga pemain anyar Sriwijaya FC layak mendapatkan evaluasi. Sejauh ini, baru defender Thierry Gathuesi yang mampu menunjukkan performa apiknya, sementara penampilan Yong Jie Mu dan M Rifky belum memenuhi harapan.
Meski demikian, pelatih Sriwijaya FC Ivan Venkov Kolev masih memberikan kesempatan kepada keduanya untuk lebih berkembang bersama Laskar Wong Kito. Terlebih lagi, keduanya belum genap satu bulan bersama tim. “Mereka belum tiga minggu bersama tim, namun keduanya sudah turun di dua pertandingan. Hal itu, tidak mudah bagi seorang pemain apalagi menghadapi kompetisi keras seperti di Indonesia,” urai Kolev, Sabtu (23/10).

Khususnya Yong Jie MU, menurut Kolev masih memerlukan waktu karena permasalahan komunikasi dan kondisi cuaca. Makanya dia akan melihat lagi kemampuan dua pemainnya. Begitu juga Rifky juga memerlukan adaptasi, sementara Thierry memang bermain baik dalam dua pertandingan.
Seperti diketahui, SFC baru saja merekrut tiga pemain baru yakni, Thierry Gathuesi asal Prancis, Yong Jie Mu asal Cina dan M Rifky mantan striker Persikabo.

Hanya Thierry yang tampil memuaskan dalam tiga laga, sementara Jie dan Rifky belum menunjukkan kemampuannya maksimal.”Kita juga tidak bisa memaksakan mereka cepat tanggap, tapi kita beri mereka kesempatan untuk lebih mengetahui carakter antar pemain,” ujar Kolev.
Thierry memang tampil apik bersama Claudiano Alves dos Santos dalam mengawal lini belakang Sriwijaya FC. Namun ia masih perlu adaptasi. Sebab Laskar Wong Kito selalu kebobolan di dua pertandingan. Namun Kolev memberikan apresiasi khusus kepadanya.”Dia mampu bermain maksimal meski masih membutuhkan proses adaptasi lagi,” urai Kolev.

Persoalan adaptasi memang diakui Thierry menjadi kendala, terutama suhu kota Palembang yang terbilang panas. Baginya butuh adaptasi untuk membiasakan diri. Sebab, selama ini ia sudah terbiasa bermain diiklim dingin selama 15 tahun bermain dan menetap di Skotlandia yang memiliki suhu sekitar lima derajat celcius. Sementara kota Palembang mencapai 28 derajat celcius.
Saya sempat kesulitan untuk menyesuaikan diri, tetapi sejauh ini sudah mulai terbiasa, mudah-mudahan ke depan penampilan saya akan lebih baik lagi,” urainya. (ndr)