statistik

Blogger Mobile

Jumat, 26 Agustus 2011

Berikut Daftar Peserta Liga Profesional Indonesia

Liga Profesional Level Satu Dibagi Dua Wilayah Total ada 32 klub akan berkompetisi di Liga Profesional Level Satu Indonesia musim 2011-2012. Ke-32 klub ini akan dibagi menjadi dua wilayah yang masing-masing terdiri dari 16 tim.

Berdasarkan konferensi pers di kantor PSSI, Kamis (25/8/2011) petang, Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus menjelaskan, juara dari kedua grup itu akan diadu untuk menentukan juara nasional. Juara pertama akan mendapat tiket langsung ke Liga Champions Asia, sementara runner up akan mengikuti play off Liga Champions.

"Kompetisi Liga Profesional Level Satu akan diikuti 32 klub, yang terdiri dari 18 klub ISL dan 14 klub yang telah berbadan hukum PT," papar Sihar.

Saat ini PSSI menominasikan 34 klub yang akan mengikuti level satu. Nantinya, ke-34 klub ini akan diverifikasi kelayakan stadionnya oleh AFC dan PSSI. Dua klub dengan nilai kelayakan stadion terendah, akan berkompetisi di Liga Profesional Level Dua. Sihar mengatakan, sistem degradasi juga tetap berjalan. Akan ada empat tim yang turun ke level dua dengan masing-masing grup menyumbangkan dua tim terbawah.

Berikut daftar peserta nominasi Liga Profesional Level Satu: Persipura Jayapura, Arema Indonesia, Persija Jakarta, Semen Padang, Sriwijaya FC, Persisam Samarinda, Persib Bandung, Persiwa Wamena, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, PSPS Pekanbaru, Pelita Jaya, Deltras, Persijap Jepara, Bontang FC, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, PSM Makasar, Mitra Kukar, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Pro Duta FC, Persik Kediri, PSIS Semarang, PSCS Cilacap, Persikota Tangerang, Persis Solo, Persiba Bantul, Persebaya Surabaya, PS Barito Putra, PSS Sleman, PSIR Rembang, PS Bengkulu, dan Persipasi Bekasi.

Level Dua
Sementara itu sebanyak 48 klub akan bersaing mengikuti kompetisi Liga Profesional Level Dua musim depan. Ke-48 klub ini akan dibagi menjadi empat wilayah yang masing-masing terdiri dari 12 tim.

Berdasarkan konfrensi pers di kantor PSSI, Kamis (25/8/2011) petang, Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus menjelaskan, juara dari masing-masing grup level dua nantinya akan lolos ke Liga Profesional Level Satu pada musim berikutnya, tanpa ada play off.

Saat ini, PSSI baru memiliki daftar nominasi 36 klub untuk level dua. Dua klub tambahan lain akan datang dari level satu, yang tersingkir karena memiliki nilai kelayakan stadion terendah.

"Karena Level Dua masih butuh sepuluh klub tambahan, maka PSSI masih membuka kesempatan kepada sepuluh klub dari Divisi Satu di luar klasemen musim lalu untuk ikut kompetisi level dua. Dengan catatan, klub-klub tersebut dapat memenuhi syarat yang telah diwajibkan," papar Sihar.

Berikut daftar nominasi 36 klub level dua: PSAP Sigli, Persita Tangerang, Persih Tembilihan, Persitara, Persikabo, PSLS Lhokseumawe, PSSB Bireun, Persires Rengat, Persiran Raja Ampat, Gresik United, Perseman Manokwari, PSIM Yogyakarta, Persikab Bandung, Persemalra Tual, PPSM Magelang, Persidafon Dafonsoro, PSBI Blitar, Persigo Gorontalo, Persiku Kudus, Persipro Probolinggo, Perseru Serui, PSMP Mojokerto, PSBS Biak, Persbul Buol, Persepam Pamekasan, PSBL Langsa, Perssin Sinjai, Madiun Putra, Persewangi Banyuwangi, Persip Kota Pekalongan, PSBK Blitar, PSGL Gayo Lues, KSB Sumbawa Barat, Persitema Temanggung, Persid Jember, Persepar Palangkaraya.