statistik

Blogger Mobile

Minggu, 24 Oktober 2010

Kado Ultah SFC Yang Ke-6

Tandukan Claudiano Alves dos Santos di menit ke-48 dan lesakkan gol penentu dari bek sayap Supardi Nasir di menit ke-78, membawa Sriwijaya FC meraih kemenangan atas tamunya Persiba Balikpapan dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Jakabaring, Kamis (21/10).
 Sentuhan dua algojo lini belakang ini, sukses mengakhiri rekor buruk Laskar Wong Kito saat bertemu Persiba di kandang. Selama dua musim ISL, SFC tidak pernah menang jika menjamu Persiba di kandang. Berdasarkan catatan dua laga kandangnya, SFC selalu tertahan yakni, 1-1 ketika menjadi skuad Beruang Madu julukan Persiba pada 25 April 2009 dan bermain 3-3 pada 21 Oktober 2010 lalu. Kemenangan ini merupakan kado ulang tahun Sriwijaya FC yang jatuh pada Sabtu (23/10) nanti.
 Makanya, Supardi terlihat emosional usai mencetak gol penentu kemenangan. Pemain binaan Palembang ini, berlari kencang menuju tempat pemain, pelatih dan ofisial SFC. Disambut rekan-rekannya, Supardi membuka baju dan menghempaskannya ke tanah. Akibatnya wasit memberikan kartu kuning.
   
Usai pertandingan Supardi mengaku sangat emosional, karena gol yang dicetaknya merupakan gol pertamanya untuk Laskar Wong Kito, terlebih lagi gol itu penentu kemenangan. “Ini gol pertama saya, terimakasih untuk rekan-rekan, pelatih, manajemen dan penonton yang mempercayai kami,” kata Supardi.
 Pelatih Ivan Kolev pun bangga kepada para pemainnya yang telah bekerja keras sepanjang pertandingan. Baginya kemenangan yang diraih Diano cs sangat berat, Persiba bermain dengan kualitasnya sebagai tim kuat.
Sangat tidak mudah bermain tanpa 4 pemain utama yang cedera setelah Kayamba juga ditarik keluar,” urai Kolev.
 Menurut Kolev, kemenangan menambah spirit dan motivasi bagi pemain untuk menghadapi laga berikutnya melawan PSPS Pekanbaru pada 30 Oktober mendatang. Sebab dalam laga ini ada empat pemain yang menerima kartu kuning seperti, Thierry Gathuesi, Mahyadi Pangabean, Dirgalasut, dan Supardi. Sementara tiga pemain dipastikan absen lawan PSPS karena akumulasi kartu kuning adalah Mahyadi, Dirga dan Thierry. “Tetapi kami memiliki waktu 10 hari, ada pemain yang absen, tetapi ada pula pemain yang sembuh dan bisa dimainkan. Dalam laga ini Kayamba dan Fauzal mengalami cedera di paha kanannya,” ujar Kolev.
 Kerja Keras Pertandingan baru berjalan 13 menit, SFC sudah ditinggalkan sang kapten Kayamba yang mengalami cedera. Ia ditarik keluar dan pelatih Ivan Kolev dengan memasukkan Rendy Siregar. Setelah itu, serangan tuan rumah kurang greget. Memasuki Yong Ji Mu masih mendapatkan peluang, namun tendangannya melenceng ke kiri gawang Persiba. Memasuki menit ke-33, Persiba ungul lebih dulu melalui Khairul Amri. Bermula dari tendangan lemah kiper SFC Fauzal, bola kemudian jatuh di kaki Doni dan memantul di kaki Khairul Amri penyerang Persiba, dengan kecepatannya pemain asal Singapura ini menggiring bola dan memperdaya kiper Fauzal.
 Namun memasuki babak kedua SFC bangkit. Claudiano membawa SFC menyamakan kedudukan 1-1 di menit 48. Bermula dari pelanggaran terhadap Yong Jie Mu. Firman Utina yang mengambil tendangan bebas memberikan bola yang disambar Diano dengan tandukan melewati kiper Persiba I Made Wirawan. Usai gol ini, SFC terus membuka serangan untuk menyamakan kedudukan. Akhirnya Supardi mencetak gol penentu kemenangan di menit 78. Bermula dari umpan terobosan Mahyadi Pangabean, dari sisi kanan lapangan pemain binaan Palembang ini, menyambar bola untuk menjebol gawang I Made Wirawan.
 Namun semenit kemudian ia menerima kartu kuning karena aksi lepas bajunya. SFC dan Persiba bergantian melakukan penyerang, namun hingga bubaran kedudukan tetap bertahan 2-1 untuk kemenangan SFC.(ndr)